Pelurusan atau Pembenaran Sejarah?

Kehidupan terus berputar dan sejarah terus berulang. Seolah kehidupan yang seperti roda ini pun berjalan begitu monoton, berputar pada poros yang sama. Dimulai dari membuka mata ketika bangun, sampai kembali menutup mata ketika hendak tidur, begitu terus berulang hingga ruh berpisah dengan raga. Apakah kita tahu apa yang terjadi ketika ruh sudah tidak menempel di badan? Kemungkinan terbesar adalah tidak, karena manusia tidak mempunyai ingatan akan masa depan. Manusia hanya memiliki ingatan akan masa lalu, memori yang tersimpan tak lebih dari itu, pun itu belum dilanda lupa. Jika ruh sudah terpisah dengan tubuh, maka yang hilang bukanlah masa depan, tetapi masa lalu.

Akhir – akhir ini pembicaraan akan masa lalu begitu massive, terutama setelah tersiar kabar mengenai Gajah Mada yang memiliki nama lain Gaj Ahmada. Hal mudah yang bisa dilakukan untuk mengetahui kebenaran akan berita tersebut; periksa lembaga riset yang meniliti tentang kajian tersebut, kalau pun memang ada maka lakukanlah pemeriksaan dari hasil penelitian tersebut. Saya yakin bila kalian telah menyelesaikan jenjang sarjana, kalian pernah melakukan penelitian sekecil apapun. Karena bila berbicara perihal akademis maka hal itu yang seyogya dilakukan oleh para intelektual, tanpa menghilangkan keinginan untuk mencemooh terlebih dahulu tentunya. Karena saya juga termasuk orang yang mengolok-ngolok dari pada melakukan verifikasi data, pun bukan seorang intelektual tulen. Setidaknya kalian bisa mengemukaan antithesis jika kalian sudah melakukan pemeriksaan dan melakukan penelitian tandingan.

Pun jika penelitian itu memang benar adanya, lantas langkah apakah berikutnya yang akan dilakukan. Akankah ada perubahan nama UGM menjadi UGA? Ataukah hal yang lebih besar akan ada rekonsiliasi (dari siapa?) terkait perang bubat? Sehingga dogma Sunda-Jawa yang masih dipegang teguh oleh beberapa orang ini bisa luntur. Atau yang lebih keren lagi nama Gaj Ahmada dan Hayam Wuruk bisa menjadi nama jalan di daerah Jawa Barat (Sunda). Karena dalam artikel tersebut disebutkan pula bahwa sebenarnya Gaj Ahmada mempunyai darah keturunan Sunda.

Terkait dengan pelurusan sejarah, nampaknya bangsa ini perlu banyak melakukan hal tersebut. Mulai dari sejarah penyebaran agama, dimana penyebaran agama Kristen tak dijelaskan secara gamblang di buku sejarah layaknya penjelasan penyebaran Hindu, Budha dan Islam. Lalu masa merebut kemerdekaan, dimana banyak peran kyai yang dinihilkan. Selanjutnya sejarah mengenai Tan Malaka pun seolah dilupakan. Ini terbukti dan saya alami sendiri, ketika duduk di bangku sekolah saya asing dengan nama Tan Malaka, saya baru mengetahuinya selagi kuliah. Kemudian kisah abu-abu mengenai PKI pun nampaknya memerlukan penjelasan lebih rinci, tragedi Madiun sampai tragedi 65 pun memerlukan berbagai penelitian yang lebih lanjut. Yang ini akan sangat sulit. Diteruskan dengan PERPERA yang menimpa Irian Barat, yang hingga kini oleh orang Papua berpendapat bahwa Indonesia adalah penjajah. Terlebih hal ini, dimana kontrak kerja dengan Freeport masih berlangsung cukup lama. Berlanjut di era orde baru banyak sejarah yang ditutupi, hingga reformasi pada circa 90. Karena apabila kita mengkaji sejarah masa lalu bangsa ini di zaman Orba kemungkinan besar kita akan menjadi sejarah pada saat  itu juga sangat besar, dihilangkan-dibungkam apapun namanya itu.

Nampaknya sisi lain dari sejarah yang disebutkan diatas akan sulit diterima oleh beberapa orang di negara ini. Terbukti dengan banyaknya diskusi-diskusi yang dibubarkan secara paksa, pelarangan buku-buku, baca buku kiri dianggap komunis, baca buku kanan dianggap teroris. Hal ini pula bisa disebabkan oleh sejarah yang diajarkan kepada kamu, saya dan kita tentang negara ini adalah sejarah tunggal. Sejarah yang hanya memiliki satu sudut pandang saja. Sudut pandang sejarah dari penguasa tentunya. Seperti apa yang dikatakan Mirek bahwa perjuangan manusia melawan kekuasaan adalah perjuangan manusia melawan lupa. [1]

[1] Kundera, Milan. 2015. Kitab Lupa dan Gelak Tawa, Yogyakarta: Narasi-Pustaka Promothea

IMG_20170616_183746

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s