Kuliah lama? Bisa dapat apa?

Mahasiswa baru mengikuti ospek saat masuk kampus
Mahasiswa baru mengikuti ospek saat masuk kampus

Lulus kuliah adalah keharusan bagi seorang mahasiswa, lulus kuliah tepat waktu adalah dambaaan bagi setiap orang tua mahasiswa. Orang tua biasanya merasa sumringah dan bangga apabila anaknya mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu. Bagi mahasiswa sendiri, lulus tepat waktu merupakan impian yang relatif, karena hal ini dipengaruhi oleh berbagai faktor saat mereka menjalani kehidupan kampusnya.

Lantas bagaimana dengan mahasiswa yang gak mampu lulus kuliah pada waktunya? Apakah mereka itu bodoh? Apa saja yang didapat dengan berdiam lama di kampus? Untungkah? Rugi?

Berdasarkan pengalaman sendiri, kuliah lama itu banyak yang bisa diambil kok. Rugi atau menguntungkan tergantung kacamata kita sendiri menilainya. Berikut mungkin sedikit catatan apa saja yang didapat kuliah lama di kampus:

  • Rasa cinta terhadap keluarga bertambah

Cinta sama keluarga bertambah karena kita tahu mereka selalu mendukung kita dalam keadaan belum lulus ini. Mereka juga menanggung “malu” karena keterlembatan kita menyelesaikan studi. Mungkin kita merasa jengah kita kumpul keluarga keluar kalimat “Kapan lulus?”, dan dengan sigap pulla kita menjawab “secepatnya”. Di saat itu pula orang tua kita menahan rasa sakit dan mendoakan.

  • Kita tahu kemampuan diri sendiri

Depresi, mungkin saja tiap orang yang bermasalah dengan menyeselaikan kuliahnya merasakan rasa ini. Rasa enggan untuk menyelesaikan apa yang dimulai pun mulai sirna. Oleh karena itu lah kita bisa tahu apakah diri kita bisa keluar dari keterpurukan tersebut atau malah keadaan menjadi semakin memburuk. Kita bisa tahu kapasitas akal kita untuk memikirkan untuk berani hidup. Selain mengetahui ketahanan diri keluar dari keterpurukan, kita juga bakalan tahu sekuat mana kita mampu menahan bully-an, baik itu nyinyiran yang mendukung atau pun menjatuhkan. Tapi biasanya semakin banyak yang nyinyir semakin kebal pula akan pertanyaan mengenai kelulusan.

  • Kemandirian semakin meningkat

Kuliah S1 belum selesai dalam waktu 4 tahun, selain menambah waktu sudah pasti menambah biaya kuliah. Rasa malu terhadap orang tua yang selalu memberikan bea siswa dari mulai SD, membuat berpikir untuk mencari penghidupan sendiri, adapun kalanya harus membayar biaya kuliah sendiri. Segala cara pun dilakukan untuk memenuhi semua itu.

  • Kebebasan untuk lebih menggali potensi

Masa dimana “mahasiswa bukan sarjana belum” adalah masa dimana yang harus dinikmati, kita bisa mengetahui minat kita kemana lebih mendalam. Kita bisa menggali pengalaman dari pengalaman teman – teman yang sudah lulus duluan, baik itu tentang pekerjaan, pernikahan atau hal apapun tentang kehidupan.

Mungkin masih banyak lagi yang bisa ditulis, tapi baru kepikiran segitu.

NB : Tulisan ini bukanlah pembelaan diri ataupun pembenaran atas lama studi yang dialami, ini merupakan bentuk rasa terima kasih dan permohonan maaf atas semua yang dilalui selama kehidupan di masa kuliah. Mah, Pa, Neng, Iz dan Mut, hatur nuhun sareng hapunten. :))

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s