Happy May Day Propaganda

 

May Day! May Day! May Day!

Oi! Oi! Oi!

1 Mei sakral bagi kaum pekerja, ya Hari Buruh Internasional, mau dijadikan hari libur nasional atau pun tidak, perlawanan terhadap tiran pasti akan selalu dilantangkan. Di Indonesia yang entah mau jadi negara apa, agraris kah? negara industri kah? atau kah negara maritim? Ya negara ini masih bingung menentukan diri. Kaum buruh masih meneriakan tuntutan di depan kantor – kantor pemerintah di berbagai daerah, meskipun kantor tersebut tak berpenghuni yang hanya dijaga oleh aparat saja pada dua tahun kebelakang ini.

Banyak orang beranggapan sinis apa yang buruh perjuangkan dalam tuntutan mereka, ada yang bilang sia – sia karena tidak bakal didengar, ada orang di kantornya aja tidak didengar apalagi ini dijadikan hari libur nasional. Selain itu, ada yang sinis dengan tuntutan mereka karena tak masuk akal. Atau pun cara mereka melakukan aksi demo.

Kita mesti sadari kalau kita semuanya adalah buruh, buruh berdasi, buruh pabrik, buruh tani, buruh media, tenaga honorer, buruh apa pun itu, kita ini semua budak yang namanya uang. Tuntutan buruh mengenai kesejahteraan pun hasilnya akan dirasakan oleh semua kalangan, buruh berdemo menuntut UMR naik, semua kalangan pekerja menerima nikmatnya, ini membuktikan kalau semua pekerja adalah buruh.

Untuk sekarang mungkin yang perlu sangat diperhatikan bukanlah buruh di sektor formal, melainkan yang harus banyak diperhatikan buruh di sektor informal, seperti buruh tani, buruh rumah tangga, dll. Mereka jarang yang berserikat dan berani berkumpul untuk menyuarakan suaranya kecuali kalau ada konflik agraria yang sekarang menyerang berbagai daerah. Buruh sektor informal ini kerap terabaikan, mereka tidak bisa melawan tiran bagi mereka, pemilik modal yang acap kali berbuat semaunya.

Semua jenis perbudakan harus dilawan, bekerja tanpa diperbudak memang seharusnya dilakukan.

Happy May Day Propaganda, Working Class Hero!!!

Long Live Pembangkangan!!!!!

Tabik!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s