Daftar penampilan menarik di Tahun 2014

Under The Big Bright Yellow Sun

Maksud hati ingin membuat rilisan terbaik 2014, tapi apa daya dana tak cukup, akhirnya diputuskanlah untuk membuat daftar 8 penampilan terbaik 2014. Daftar ini berdasarkan dari pameran, pagelaran atau pun gigs yang dijamah, baik itu hanya sebagai penikmat atau pun ikut mengabadikan momen sebagai fotografer. Tak semua acara yang sesuai keinginan hati berhasil untuk didatangi karena alesan selalu banyak untuk dibuat, dan ini lah 8 penampilan terbaik itu:

8. Teater Boneka : Les Remouleurs @ IFI Bandung

Sedikit perjudian awalnya untuk menonton pagelaran ini, masih awamnya pengetahuan tentang performer dan bentuk acara yang akan disuguhkan menjadi alasan yang utama untuk meragukan pertunjukan ini. Tapi sikap pesimis di awal akhirnya tidak terbukti, pertunjukan yang disuguhkan begitu menarik sekali, kalau kalian pernah nonton wayang sampai menguap, di pertunjukan ini mungkin tak pernah, karena tak jub apa yang akan dihadirkan, apalagi setelah performer mengungkap bahwa dalam pertunjukan tersebut tidak menggunakan unsur digital sama sekali.

7. The S.I.G.I.T @ Road to Soundrenaline

Tak dapat diragukan lagi, mereka selalu menyuguhkan yang terbaik dalam setiap pertunjukan mereka. Banyak gimmick yang dilakukan Rekti dkk. Setlist yang dibawakan cukup panjang, karena mereka menjadi headliner utama, album teranyar, de tourn pun ikut dibawakan.

6. Under The Big Bright Yellow Sun @ Monsterstress Festival

Belum pernah mendengarkan musik mereka tapi telinga sudah tidak asing dengan namanya. Mendengarkan pertama kali saat melihat mereka manggung pertama kali. Post-rock yang menginggit itu lah yang mereka tampilkan, dan memanasnya acara Monsterstress pun mereka lah yang memulai. Ciamik dan asik!

5. 57kustik @ Siapa sih Harry Roesly?

Tak perlu nama besar untuk menyuguhkan tontonan yang menarik sekaligus memakau, awalnya berasa aneh aja ketika nama mereka masuk dalam jajaran headliner dalam acara tersebut, mungkin karena kurang piknik jadi tak tahu mereka. Anak jalanan yang pernah manggung bareng Dave Koz ini berhasil menyihir penonton yang hadir pada malam mengenang kepergian Harry Roesly, menyihir dengan komposisi yang lugas, buah tangan dingin kang Harry terasa betul.

4. ((AUMAN)) @ Monsterstress Festival

Ini adalah kedua kalinya menonton penampilan mereka, liar dan lugas bak Harimau Sumetera yang siap menerkam. Melihat animo penonton saat ((AUMAN)) main serasa melihat mereka tampil di rumahnya sendiri, crowd yang liar, pecah dan panas. Band asal kota Palembang ini tak hanya menyuguhkan tontonan saja tetapi mereka mengedukasi penonton yang hadir tentang isu – isu sosial yang terjadi di Sumatera, seperti kabut asap dan hampir punahnya Harimau Sumetera. Educate your anger!!

3. Taring @ Bandung Berisik

Taring adalah band yang sering ditonton di tahun ini, terhitung hampir lima kali menonton penampilan mereka. Band baru yang berisi muka lama di ranah musik underground ini memang jadi sebuah fenomena di scene yang ada di Bandung. Tampil dengan membawa Kabuki di awal pertunjukan, Taring membakar habis panggung Bandung Berisik petang itu.

2. Burgerkill @ Bandung Berisik

Hanya dua kali melihat mereka di Tahun ini, padahal lumayan banyak penampilan mereka di Bandung. Bahkan gelaran Hellshow yang mereka buat sendiri tidak bisa dihadiri, mungkin kalau hadir lain cerita. Penampilan mereka sore itu hardcore banget, membawakan set list dari dua album pertama, mereka meluluhlantahkan sore yang sempat diguyur hujan tersebut. Anjing edan pokoknya!!

1. Seringai @ Bandung Berisik

Musik rock oktan tinggi yang mereka suguhkan memang benar mengigit bagai taring serigala, penampilan apik mulai dari visual effect sampai sound yang menggila menjadikan penampil sempurna pada hajatan akhir tahun tersebut. Lagu dari High Octane Rock sampai Taring mereka bawakan sampai para serigala militia terpuaskan dan meraung-raung di pit bagaikan segerombolan serigala lapar.

Tadinya mau menempatkan Slank pada saat NgeSlank rame-rame dalam daftar tersebut, tapi karena mereka tidak berkolaborasi dengan ex-member mereka, jadi mereka ada di urutan yang tidak terlihat. Hahaha

Semoga di tahun 2015 nanti banyak acara menarik yang bisa didatangi, semoga nanti Maret bisa umroh nonton Lamb of God, karena naik haji sudah tak mungkin lagi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s